Loket OTAN (OSS Kecamatan)

14 November 2022

INOVASI LOKET OTAN

(  ONLINE SINGLE SUBMITION di KECAMATAN )

Kota Samarinda merupakan Ibukota Propinsi Kalimantan Timur yang memiliki luas 718 Km2 yang terdiri atas 10 Kecamatan dan 59 Kelurahan dengan jumlah penduduk hamper 1 juta jiwa sert dikelilingi oleh wilayah oleh wilayah perbatasan Kabupaten Kutai Kertanegara, memilikikecenderungan dan keuntungan tersendiri pada sektor perdagangan jasa, pengembangan permukiman dan industry. Nilai investasi yng ditanamkan oleh masyarakat maupun kelompok pelaku usaha di Kota Samarinda hingga tahun 2015 mencapai 7,1 T, tentunya dengan besarnya nilai investasi dimaksud berdampak p ada upaya peningkatan pelayanan perizinan di kota Samarinda. Menyingkapi hal tersebut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda berupaya melakukan pendekatan peningkatan pelayanan perizinan pada masyarakat yang salah satunya melalui kegiatan inovasi Otan (Oss di Kecamatan). Kegiatan ini merupakan pelayanan perizinan yang dilaksankan di Kecamatan guna memperoleh layanan perizinan, kegiatan ini diharapan dapat memberikan kepuasan layanan perizinan pada masyarakat maupun kelompok pelaku usaha di Kota Samarinda. Dilain hal agar kegiatan ini tidak berlangsung percuma, DPMPTSP didukung oleh 10 Kecamatan untuk kegiatan ini Melalui hal demikian, melalui korespondensi pihak kecamatan menyambut baik niat DPMPTSP dalam upaya peningkatan pelayanan public terutama dalam hal perizinan, Alhamdulillah berkat kerjasama dan bantuan oleh semua pihak kegiatan inovasi ini dapat berjalan dengan lancar hingga sekarang. Inisiatif pelaksanaan inovasi ini dimotori oleh Tim Inovasi yang ada di bawah Bidang Pelayanan Perizinan Kepala seksi Inovasi Perizinan dan dilaksanakan oleh10 kecamatan dan seluruh staf seksi inovasi Perizinan secara terjadwal dengan menggunakan anggaran Peningkatan Pelayanan dan informasi Perizinan Daerah .

Layanan OTAN ( layanan OSS di Kecamatan ) Khusus Perizinan  MIKRO di 10 Kecamatan dalam wilayah Kota Samarinda :

  1. Kecamatan Loa Janan Ilir
  2. Kecamatan Palaran
  3. Kecamatan Samarinda Ilir
  4. Kecamatan Samarinda Kota
  5. Kecamatan Samarinda Seberang
  6. Kecamatan Samarinda Ulu
  7. Kecamatan Samarinda Utara
  8. Kecamatan Sambutan
  9. Kecamatan Sungai Kunjang
  10. Kecamatan Sungai Pinang
Berita
Selamat Hari Jadi Kota Samarinda Ke 357 dan Hut Ke 65 Pemerintah Kota Samarinda
admin 21 Januari 2025
0
Selamat Hari Jadi Kota Samarinda Ke 357 dan Hut Ke 65 Pemerintah Kota Samarinda
“Selamat Tahun Baru! Jangan takut gagal, karena setiap langkah adalah pembelajaran.”
“Selamat Tahun Baru! Jangan takut gagal, karena setiap langkah adalah pembelajaran.”
31 Desember 2024
Studi Tiru Pelaksanaan Mal Pelayanan Publik dan Mal Pelayanan Publik Digital
Jum'at, 20 Desember 2024. Studi Tiru Pelaksanaan Mal Pelayanan Publik dan Mal Pelayanan Publik Digital oleh DPMPTSP Kab. Kutai Timur. Di terima oleh ibu Binti Isni Khuriyah, ST dan bapak Tatang Wahyudi, SP, M.Si. (aru)  
20 Desember 2024
Rapat Koordinasi Tentang Izin Reklame
Jum'at, 20 Desember 2024. Rapat Koordinasi Tentang Izin Reklame dilaksanakan oleh Bidang Pelayanan Perizinan dihadiri oleh Dinas PUPR Kota Samarinda, Diskominfo Kota Samarinda, Bapenda Kota Samarinda, Kabid Pelayanan Perizinan, Kabid Pengolahan Data dan Informasi, Kabid Dalwas, Jafung Analisis Kebijakan Sdr. Rudy Siahaan, S.Kom, Syafrilian Ardi, ST, M.AP dan Staf Bidang Pelayanan Perizinan. (aru)
20 Desember 2024
Peningkatan Kapasitas SDM dalam Layanan Konsultasi Perizinan dan Non Perizinan
Sabtu, 07 Desember 2024, DPMPTSP melalui Bidang Pelayanan Perizinan melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Layanan Konsultasi Perizinan dan Non Perizinan.kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Mercure Ruangan Crystal 7ABC Lantai 7 Jl. Mulawarman No.171 Kota Samarinda yang bertujuan untuk : 1. meningkatkan kompetensi dan profesionalisme penyelenggara pelayanan, Serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi antar penyelenggaran pelayanan yang ada di DPMPTSP Kota Samarinda dan MPP Kota Samarinda. 2. Memberikan kepuasan pelanggan/masyarakat (Customer Satisfaction), nilai positif atas penyelenggaraan pelayanan yang di berikan, kepercayaan (TRUST) masyarakat kepada pemerintah. dengan point SERVICE yang artinya : a. Self Awareness (Menanamkan kesadaran diri sehingga dapat memahami posisi, agar mampu memberikan pelayanan dengan benar), b. Enthusiasm (Melaksanakan pelayanan dengan penuh antusias/semangat pelayanan), c. Reform (Memperbaiki kinerja pelayanan dari waktu ke waktu), d. Value (Memberikan pelayanan yang mempunyai nilai tambah), e. Impressive (Menampilkan diri secara menarik , tetapi tidak berlebihan), f. Care (Memberikan perhatian atau kepedulian kepada pelanggan secara optimal), dan g. Evaluation (Mengevaluasi pelaksanaan layanan yang sudah diberikan). Pemaparan materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh Dr.Fajar Iswahyudi selaku Widyaiswara Ahli Madya LAN RI dan Ignasius Sabdo Prakoso, S.Hut selaku Branch Manager CIMB Niaga. (MuktiAli)
10 Desember 2024
Kunjungan dari Inspektorat Daerah
Selasa, 10 Desember 2024. Kunjungan dari Inspektorat Daerah dalam hal Study Pelaksanaan Layanan pada Mal Pelayanan Publik (MPP) sektor Perizinan dan Non Perizinan Kesehatan, Pencatatan Sipil dan Pendidikan".
10 Desember 2024