Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Pelayanan dan Standar Operasional Pelayanan di MPP Kota Samarinda

2 November 2023

Kamis, 02 November 2023. Pelayanan Publik tidak lagi sekedar mengikuti tren Global tetapi telah mengarah pada Tata Kelola Pemerintahan yang baik atau Good Government adalah sebagai Pelayan Masyarakat yang berkeinginan memberikan kontribusi besar kepada Masyarakat Khususnya Pengguna Layanan

Pelayanan Publik merupakan  Kegiatan atau Rangkaian dalam Pemenuhan Komitmen  Pelayanan Publik yang sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan bagi setiap Warga Negara  dan Penduduk atas Barang, Jasa dan Pelayanan Administratif yang disediakan Penyelenggara Pelayanan Publik.

Kehadiran Mal Pelayanan Publik  (MPP) adalah Pengintegrasian Pelayanan Publik yang diberikan oleh Kementerian , Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Badan Usaha Milik Negara , Badan Usaha Milik Daerah , serta Swasta secara terpadu pada satu tempat,  sebaga upaya meningkatkan  Kecepatan, Kemudahan, Jangkauan, Kenyamanan dan keamanan  Pelayanan sert dapat meningkatkan Daya Saing Global dalam memberikan Kemudahan Berusaha di Wilayah Indonesia.
Penyusunan Dokumen SOP dan SP bertujuan antara lain sebagai pedoman bagi instansi  pemerintah dala Mengindentifikasi, Merumuskan, Menyusun, Mengembangkan serta Memonitor kegiatan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi yang dilaksanakan. 
Disusunnya kedua Dokumen ini agar dapat memberikan kepastian, meningkatkan kualitas kinerja Pelayanan yang memenuhi Kebutuhan masyarakat da selaras dengan kemampuan penyelenggaraan pelayanan, sehingga mendapat kepercayaan masyarakat.
Pada akhirnya, setelah disusunnya Dokumen SOP dan SP ini akan menimbulkan Komitmen yang mengikat bagi instansi mengenai Prosuder apa yang dikerjakan oleh keseluruhan Satuan Unit Kerja.

Follow Here :

DPMPTSP
Instagram : https://www.instagram.com/dpmptsp_smr/
Facebook : https://www.facebook.com/dpmptsp.smr.official
Twitter : https://twitter.com/dpmptsp_smr
TikTok : https://www.tiktok.com/@dpmptspsmd_official
Youtube : https://www.youtube.com/
Website : https://dpmptsp.samarindakota.go.id/

#mppsamarinda
#pelayananceria
#ptspsmr
#mppsmr
#dpmptspsamarinda
#malpelayananpublik
#kotasamarinda
#samarindakotapusatperadaban
TULIS KOMENTAR ANDA
Berita
Kunjungan dan Konsultasi dari DPMPTSP Kabupaten Kutai Barat
admin 21 Maret 2025
0
Kamis, 20 Maret 2025. Kunjungan dan Konsultasi dari DPMPTSP Kabupaten Kutai Barat Terkait SOP sebagai Pemenuhan data MCP KPK Tahun 2025
Rapat Koordinasi terkait Laporan Kinerja DPMPTSP tahun 2024
Selasa, 25 Februari 2025 Rapat Koordinasi terkait Laporan Kinerja DPMPTSP tahun 2024 Sebagai bentuk akuntabilitas kinerja, DPMPTSP Kota Samarinda telah melaksanakan program dan kegiatan untuk mencapai sasaran strategis tersebut melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan berdasarkan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 yang tertuang dalam laporan kinerja instansi pemerintah (LKjIP) yang dibuat setiap tahunnya. Tujuan dari dilaksanakannya rapat koordinasi ini adalah memberikan informasi kinerja kepada berbagai pihak yang berkepentingan atas kinerja yang telah dicapai dan sebagai bagian dari upaya perbaikan berkesinambungan bagi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Samarinda dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik.
26 Februari 2025
Wakil Wali Kota Samarinda Bapak H. Saifuddin Zuhri Tinjau Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda untuk Pastikan Layanan Prima.
Selasa, 25 februari 2025. Wakil Wali Kota Samarinda Bapak H. Saifuddin Zuhri Tinjau Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda untuk Pastikan Layanan Prima. Wakil Wali Kota Samarinda melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Samarinda guna meninjau langsung kualitas layanan kepada masyarakat. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelayanan di berbagai sektor yang tersedia di MPP Kota Samarinda. Dalam kunjungannya, Wakil Wali Kota disambut oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Samarinda serta perwakilan dari berbagai instansi yang tergabung dalam MPP. Beliau meninjau sejumlah loket pelayanan, berdialog dengan petugas, serta mendengarkan langsung aspirasi dari masyarakat yang sedang mengurus berbagai keperluan administratif. Selain itu, dalam kunjungan ini juga dibahas upaya peningkatan fasilitas serta rencana integrasi layanan digital untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan pemerintahan. Diharapkan, dengan adanya kunjungan ini, pelayanan publik di Kota Samarinda semakin meningkat dan mampu memberikan dampak positif bagi kemudahan masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi yang cepat dan efisien.
25 Februari 2025
Kunjungan Bapenda Kabupaten Berau yang di terima langsung oleh Kepala DPMPTSP Kota Samarinda
Selasa, 25 februari 2025. Menerima Kunjungan Bapenda Kabupaten Berau yang di terima langsung oleh Kepala DPMPTSP Kota Samarinda
25 Februari 2025
TTE (Tanda Tangan Elektronik) sedang mengalami gangguan sistem
Yth. Pengguna, Saat ini aplikasi TTE (Tanda Tangan Elektronik) sedang mengalami gangguan sistem yang berdampak pada keterlambatan atau kegagalan proses tanda tangan elektronik. Kami sedang berupaya melakukan perbaikan secepat mungkin agar layanan dapat kembali normal. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terima kasih atas pengertiannya.
24 Februari 2025
Jumlah NIB yang terbit untuk pelaku usaha perorangan sejumlah 861 pelaku usaha
Jumlah NIB yang terbit untuk pelaku usaha perorangan sejumlah 861 pelaku usaha yang terdiri dari : •    Pelaku usaha Perempuan sejumlah 442 •    Pelaku usaha Laki -laki sejumlah 419
24 Februari 2025